Firewall pada umumnya

Selamat pagi/siang/sore/malam pengunjung semua, kali ini saya membagikan ilmu Firewall pada umumnya lewat artikel ini, dimulai dari pengertian Firewall.
Firewall
-Pengertian Firewall =
Firewall adalah sebuah system atau perangkat keamanan khususnya pada jaringan komputer yang bertugas untuk menjaga lalu lintas data di dalam jaringan komputer berjalan dengan aman dan dalam waktu bersamaan juga mencegah lalu lintas data yang tidak aman untuk masuk ke dalam jaringan komputer.
-Fungsi Firewall =
       Firewall biasa di implementasikan pada sebuah gateway pada jaringan komputer. Kebanyakan saat ini firewall digunakan untuk menutupi celah keamanan antara dua jaringan  atau network yang berbeda sehingga jaringan local yang berada di bawah firewall bisa terbebas dari serangan yang tidak di inginkan.
          Agar berjalan dan firewall berkerja sesuai tugasnya maka firewall setidaknya harus difungsikan sebagai:
1.Paket filtering
      Fungsi firewall sebagai paket filtering disini adalah memfilter sebuah paket yang berasal dari jaringan lain menuju jaringan local.
2.Proxy
      Firewall juga bisa difungsikan sebagai proxy, hampir sama dengan paket filtering proxy bertujuan untuk mengamankan jaringan lokal dari paket data yang tidak di inginkan.
3.Monitoring Jaringan
      Firewall juga bisa berfungsi untuk memonitoring lalu lintas data dalam jaringan yang kita kelola.
     -Karakteristik Firewall
       Ada dua jenis karakteristik firewall jika dilihat dari fungsi firewall tersebut, yaitu:
1. Personal Firewall
      Personal firewall merupakan firewall yang digunakan oleh individu atau pribadi untuk membentengi komputer PC ataupun notebook dari serangan berbahaya yang datang dari luar jaringan, Personal firewall ini biasanya berbentuk software yang sudah terbundel dalam sebuah system operasi. Personal firewall sangat bermanfaat untuk mencegah spyware, spamming, dan virus masuk ke komputer atau notebook kita.
2.Network Firewall
      Network firewall khusus difungsikan pada sebuah jaringan komputer untuk keamanan jaringan. Tersedia bercmacam-macam jenis firewall untuk network firewall ini : ISA Server, Cisco PIX, Cisco ASA, dan IP Tables. Semua jenis firewall tersebut fungsinya hanya satu, yaitu mengamankan jaringan dalam komputer.

Itulah penjelasan tetang firewall pada umumnya, tidak ada buruknya untuk mempelajari system keamanan dengan firewall untuk menjaga akses jaringan dan komputer kita semua dari serangan dari luar atau dalam jaringan. Jika ada kesalahan dalam kata-kata atau penjelasan dari artikel di atas, saya mohon maaf atas kesalahan yang terdapat pada artikel ini. Sekian Terima kasih.




0 comments:

Post a Comment

Firewall pada umumnya